Kamis, 27 November 2008

Chevrolet Captiva Diesel 2.000 cc,
7 Seaters

Kini Generasi Kedua dari Chevrolet Captiva telah hadir di Indonesia. Chevrolet Captiva 2.0 Turbo Diesel, dengan Menggunakan teknologi Balancer Shafts, sistem injeksi Common-Rail bertekanan tinggi bikinan Bosch serta aplikasi Variable Geometry Turbo membuat mesin diesel ini bersuara cukup halus sambil memuntahkan tenaga hingga 150Hp dan Torsi Maksimum hingga 320Nm.

Dari dalam kabin, tak ada getar atau deru suara berisik seperti mesin diesel konvensional. VM Motor, perusahaan Italy yang mendesign dan membuat mesin itu untuk Chevrolet, telah bekerja dengan sungguh - sungguh untuk menampilkan performa mesin diesel dikelasnya.

Untuk akselerasi Chevrolet Captiva 2.0 Turbo Diesel ini cukup galak, meski belum seresponsif mesin bensin. Juga pada desis turbonya saat mesin meraung diatas 2.000 rpm. Transmisi Triptronik Otomatis 5 Speed-nya pun cukup bandel, dengan gejala delayed yang amat singkat pada saat kick-down atau pergantian gear secara manual. Gejala yang memang umum terdapat pada mesin berbahan bakar solar. Untuk mesin Chevrolet Captiva Diesel menggunakan Variable Geometry Turbo yang diatur secara elektronik.

Tidak seperti mesin bensin yang memiliki katup gas (throttle valve), mesin diesel menghasilkan tenaga besar dalam rpm rendah melaui mekanisme perputaran arus gas pembuangan yang berkelanjutan. Nubira 2.0D yang mampu menghasilkan tenaga besar dalam rpm rendah merupakan salah satu produk Chevrolet yang telah menerapkan sistem tersebut.

Dengan tenaga maksimum mencapai 89kW/121hp, Mesin 2.0D Nubira memiliki performa sebanding dengan mesin bensin berkapastias 1.8-liter. Sementara torsi maksimum 280 Nm pada 2.000 rpm yang dihasilkan jauh melebihi kemampuan mesin bensin yang rata-rata 169 Nm pada 3.600 rpm.

Untuk diketahui, besaran torsi berpengaruh pada peningkatan akselerasi. Diesel Nubira hanya membutuhkan 7,3 detik untuk mencapai akselerasi dari 60 ke 100 km/jam pada posisi gigi 4. Sedangkan untuk kecepatan 80 ke 120 km/jam pada gigi 5 hanya dibutuhkan 10,0 detik. Sementara mesin bensin membutuhkan waktu lebih dari 8,6 detik dan 12,8 detik dalam parameter yang sama.

Mesin Diesel Irit

Rahasia di balik sukses mesin diesel terdapat pada nilai efisiensi. Mesin diesel yang mengandalkan ledakan di ruang bakar melalui kompresi tinggi memiliki energi gerak lebih besar ketimbang mesin bensin. Karena itu, penggunaan bahan bakar pada mesin diesel dapat ditekan 35% hingga 45%. Bandingkan dengan mesin bensin yang hanya mampu menekan konsumsi sebesar 26% hingga 30%.. Nilai efisiensi tinggi dari mesin diesel bagaimanapun telah membawa dampak penghematan pada biaya konsumsi bahan bakar. Fakta ini bisa kita lihat dari hasil yang diberikan Chevrolet Captiva bermesin diesel.

Untuk membuktikannya, Captiva yang hadir dalam dua pilihan mesin, bensin 4-silinder bertenaga 136 hp dan diesel common-rail bertenaga 150 hp, dapat kita jadikan perbandingan. Captiva diesel mampu meraih kecepatan 120 km/jam dari 80 km/jam hanya dalam 11,7 detik (pada gigi 5). Sedangkan Captiva bensin membutuhkan waktu 17,0 detik untuk melakukan hal yang sama. Di sini terlihat jelas bagaimana peraihan kecepatan Captiva diesel lebih baik dari tipe bensin.

Di sisi lain, Captiva bensin yang berkapasitas mesin 2.4-liter menghabiskan bensin 9,3 liter per 100 km. Sementara Captiva 2.0D hanya membutuhkan 7,6 liter per 100 km. Dengan kata lain, unit bensin membutuhkan pengisian bahan bakar setiap 698 km, sedangkan diesel dapat berjalan sejauh 855 km dengan sekali mengisi bensin penuh. Sebagai tambahan, harga bahan bakar diesel di Eropa ternyata juga lebih murah di banding bensin. Karena itu, nilai ekonomis yang diberikan diesel jauh lebih tinggi ketimbang bensin.

Performa Mesin Diesel Semakin Baik

Performa mesin diesel kini sesuai dengan harapan yang diinginkan konsumen, baik ketika dibeli dalam kondisi mesin baru maupun bakas. Kondisi ini terjadi mengingat mesin diesel terkenal memiliki daya tahan performa lebih baik. Keuntungan lain yang diterima para pembeli mobil diesel Chevrolet adalah tidak adanya biaya tambahan untuk pemeliharaan saringan (filter). Pasalnya, peranti ini sudah menjadi satu kesatuan untuh pada mesin diesel canggih Chevrolet.

Hal itu tentu berdapak positif pada penghematan biaya perawatan serta kelestarian lingkungan. Terlebih di beberapa negara Eropa kendaraan yang tidak menggunakan filter akan dikenakan pajak tinggi. Kondisi ini pula yang mempengaruhi perbedaan harga purna pakai antara mesin diesel berfilter atau tidak.
Diesel Mengurangi Emisi Karbondioksida

Kini dunia sedang memokuskan perhatian pada pengurangan emisi bahan bakar. Semua jenis mesin berevolusi menghadapi tekanan ini. Seperti perkembangan teknologi yang terjadi pada mesin bensin, terobosan pada mesin diesel juga mengalami peningkatan berarti.

Melalui sistem injeksi yang mampu melakukan percampuran tepat antara bahan bakar dan udara, kini mesin diesel bisa memaksimalkan pembakaran. Secara langsung kondisi ini akan mereduksi polusi secara signifikan.

EXTREME 7

NEVER UNDER ESTIMATE POWER & EFFICIENCY OF CAPTIVA TURBO DIESEL

1. 150 HP & 320 NM TORQUE.

2. HIGH POWER & VERY EFFICIENT 2.0L VCDI (VARIABLE GEOMETRY COMMON RAIL

DIRECT INJECTION).

3. FLEXIBLE SEATING ARRANGEMENT FOR 7 PASSANGERS.

4. COMFORT & REALIBILITY OF AMERICAN SUV.

5. SMOOTH & RESPONSIVE 5 SPEED A/T GM TIPTRONIC.

6. ADVANCE SELF LEVELLIZER REAR SUSPENSION.

7. SUPER SAFETY WITH 4 CHANNEL ABS WITH EBD (ELECTRONIC BRAKE

DISTRIBUTION)

Fungsi Variable Geometry Turbo

1. Kinerja mesin yang optimal di berbagai putaran agar tidak menimbulkan turbolag ( mesin tersendat atau berebet kurang udara ).

2. Pemakaian bahan bakar yang lebih hemat.

3. Emisi gas buang yang rendah.

4. Handling berkendara yang lebih baik.


On The Road 2008 ( Jakarta )

A/T (6 Colors) : Rp. 291.900.000,-

A/T (White) : Rp. 296.900.000,-


6 Colors Available :

Black Sapphire, Sterling Silver, Royal Grey, Highland Green, Tornado Red, Sparking Tan.

Chevrolet Captiva 2.0 Turbo Diesel

Description Specification
Engine
Engine Configuration Turbo Diesel 4 Cylinders in-line, SOHC 16 Valve
Engine Displacement (cc) 1.991
Maximum Power 150 Hp @ 4.000 Rpm
Maximum Torque 320 Nm @ 2.000 Rpm
Bore x Stroke 83 mm x 92 mm
Ground Clearence 197 mm
Compretion Ratio 175
Fuel System Commonrail Direct Injection with Variable Geometry Turbo Intercooler
Acceleration 0-100 km/h (s)
13.5(AT)
Max Speed (km/h)
180 (AT)
Combined Fuel Consumption (L/100km)
8.7 (AT)
Available Transaxles / Drive System
5AT Triptronic
Fuel Tank Capacity
65 Litre
Emission Class
EURO III
Transmission
Type and Speed Automatic with Manual Shift Mode, 5 Speed
Gear Ratio :
1st 4.575
2nd 2.979
3rd 1.947
4th 1.318
5th 1
Reverse 5.024
Final 2.397
Dimension

Overall L x W x H mm
4.635 x 1.850 x 1.726
Wheelbase mm 2.705
FrontTread mm
1.562
Rear Tread mm
1.572
Min. Turning Radius m
5.75
Curb Weight kg
1.835
Wheel & Tyre Size Alloy Wheel. 215/70R16
Steering System
Type Rack & Pinion
Power Steering Hydraulic Power Steering
Front Suspension MacPherson Strut with Stabilizer Bar
Brake System
Front Ventilated Disc, 4 Channel With ABS & EBD
Rear Solid Disc, 4 Channel with ABS & EBD
Suspension
Front 4-Wheel Independent MacPherson Strut
Rear Independent Macpherson Strut with Coil Spring
Exterior
Head Lamp 4 bulb with Projector & Manual Leveling
Rear Combination Lamp Multi Reflector with Fog Lamp
Door Handle Material Color
Outside Mirror Material Color
Tail Pipe Double Outlet with Chrome Tip
Back Window Defogger with Timer
Interior
Passenger Capacity 7 Passengers
Driver Seat Sliding, Reclining, Headrest with 4 way Adjustable Seatbelt Pocket, Height Adjustable and Lumbar Support
Co-Driver seat Sliding, Reclining, Headrest with 4 way Adjustable, Seat Back Pocket
Second Row Seat Auto Double Folding and Flat Folded, Split 60 : 40, Headrest Height Adjustable
Third Row Seat Double Folding and Flat Folded, Split 50 : 40, Headrest Height Adjustable
Assist Grip 3 Points (co-driver and second row seat)
Meter Cluster Sporty Design with Digital Odometer and Double Tripmeter
Center Instrument Panel Metalic Insert with Chrome List in Dial Button
Steering Wheel Four Spoke, Power and Tilt Steering
Door Pocket All Door
Parking Brake Button Chrome
Auxiallary Power Outler Single Outlet, can use for Laptop & Handphone Charger
Safety
Windshield Laminated
Front Seatbelt 3 Points ELR with height Adjustable (2x)
Second Row Seatbelt 3 Points ELR (2x) & 2 Points ELR (1x)
Third Row Seatbelt 3 Points ELR (1x)
Airbags Dual Air Bags
Side Door Impact Beam All Door
Power Central Door Lock Speed Sensitive Autolock / Unlock at All Door
Child Safety Lock Rear Door
High Mount Stop Lamp Central Position
Turn Lamp Left & Right Outside Mirror
Brake Pedal Disengaging Collapsing Pedals
Steering Column Collapsible
Comfortability
Air Conditioning Double Blower with Air Filter
Power Window All Window with Lock Window at Driver
Sun Visor Driver & Co-driver with Mirror, Cover & Lamp
Rear Wiper Smart Wiper
Keyless Entry Electric Remote with Opening Rear Tail Gate
Engine Immobillizer Standard Program
Audio Double Din, Radio, CD wit MP3, 6 Speaker Integrated with Theft Deterrent System

Untuk test drive dan pemesanan hubungi :
i can chevy
0813.1910.2069 021-9520.6188 / 9925.9446


Tidak ada komentar: